Catatan Seorang Farmasis

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI DAUN JERUK KEPROK

Posted on: 04/01/2011


https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2010/04/09/769/jeruk-keprok.jpg

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI
MINYAK ATSIRI DAUN JERUK KEPROK (Citrus nobilis Lour.)
TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli

Manusia hidup di alam selalu kontak dengan mikroorganisme, bakteri, virus, fungi, dan berbagai bentuk kehidupan parasit. Infeksi terjadi bila mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan berbagai gangguan fisiologi normal tubuh sehingga timbul penyakit infeksi. Penyakit infeksi mempunyai kemampuan menular pada orang lain yang sehat sehingga populasi penderita dapat meluas (Wattimena dkk., 1991).

Infeksi merupakan penyakit yang sering terjadi di daerah tropis seperti Indonesia karena keadaan udara yang banyak berdebu, temperatur yang hangat dan lembab sehingga mikroba dapat tumbuh subur. Bagi negara berkembang timbulnya strain bakteri yang resisten terhadap antibiotik pada penyakit infeksi merupakan masalah penting. Kekebalan bakteri terhadap antibiotik menyebabkan angka kematian semakin meningkat. Penanganan penyakit infeksi tersebut tidak hanya meningkatkan biaya kesehatan karena diperlukan penanganan kombinasi antibiotik, tetapi juga menyebabkan meningkatnya kematian terutama di negara berkembang karena antibiotik yang diperlukan tidak tersedia (Heymann, 1996).

Penyakit infeksi masih menduduki urutan pertama dalam hal penyebarannya di Negara Indonesia, sehingga dibutuhkan biaya penanggulangan yang relatif besar terutama untuk obat-obat golongan antibiotik. Dana yang harus dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengimpor bahan baku antibiotik setiap tahunnya berkisar antara Rp. 18,6 – Rp. 122,4 milyar (Akmal, 1996).

Staphylococcus aureus merupakan penyebab infeksi piogenik (menghasilkan pus) pada manusia dan paling sering terjadi. Strain Staphylococcus aureus yang ditemukan di rumah sakit mungkin resisten terhadap penisilin karena mampu menghasilkan penisilinase yang merusak penisilin dan dapat menjadi resisten terhadap obat-obat lain. Sebagai penyebab infeksi stafilokokus “rumah sakit” Staphylococcus aureus bertanggung jawab atas separo kasus sepsis pada luka bedah, pada unit kebidanan menyebabkan abses payudara pada ibu-ibu, mata lengket dan lesi-lesi kulit pada bayi, ratusan kematian setiap tahun di Inggris karena infeksi stafilokokus yang terjadi di rumah sakit. Penyebaran Staphylococcus aureus ke dalam udara biasanya sering terjadi. Laki-laki lebih sering menyebarkan bakteri ini daripada wanita dan kulit di daerah perineum, merupakan sumber utama, sedangkan Escherichia coli merupakan flora normal di dalam usus. Escherichia coli dapat menyebabkan infeksi saluran kencing yang merupakan infeksi terbanyak (80%), gastroenteritis, dan meningitis pada bayi, peritonitis, infeksi luka, kolesistitis, syok bakteremia karena masuknya organisme ke dalam darah dari uretra, kateterisasi atau sistoskopi atau dari daerah sepsis pada abdomen atau pelvis (Gibson, 1996).
Minyak atsiri adalah suatu substansi alami yang telah dikenal memiliki aktivitas sebagai antibakteri. Bahkan minyak atsiri cengkeh telah digunakan sejak lama di berbagai rumah sakit Eropa untuk mengatasi infeksi Mycobacterium tuberculosis (Yulliasri dkk., 2000).

Minyak atsiri dapat menghambat beberapa jenis bakteri merugikan seperti Escherichia coli, Salmonella sp, Staphylococcus aureus, Klebsiella, dan Pasteurella (Agusta, 2000). Jeruk keprok (Citrus nobilis Lour.) merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan minyak atsiri. Tanaman ini dilaporkan bahwa daun, akar, dan kulit buahnya mengandung alkaloid dan polisakarida. Disamping itu daun dan akarnya juga mengandung flavonoid, sedangkan daun dan kulit buahnya mengandung minyak atsiri serta akar dan kulit
buahnya mengandung saponin (Hutapea, 1993). Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, minyak atsiri yang diperoleh dari hasil penyulingan daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle.) memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli (Normasani, 2007). Sejauh ini belum ditemukan literatur yang melaporkan tentang aktivitas antibakteri dari minyak atsiri daun jeruk keprok, maka akan dilakukan penelitian dengan judul “Uji Aktivitas Antibakteri Minyak Atsiri Daun Jeruk Keprok (Citrusnobilis Lour.) terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli“.

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah :
1. Apakah minyak atsiri daun jeruk keprok (Citrus nobilis Lour.) mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli dan berapa Kadar Hambat Minimal (KHM) dan Kadar Bunuh Minimal (KBM) nya?
2. Komponen minyak atsiri apa yang mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli?

 

SELENGKAPNYA DAPAT DIDOWNLOAD DENGAN KLIK DIBAWAH INI

DAUN JERUK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Page Translate


Klik tombol di bawah ini untuk berlangganan ke blog saya dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Join 11 other followers

Me Inside

want to be friends with you

All Articles

RSS Lintas Olahraga

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Seputar Enterpreneur

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

See All My Tag

Antibakteri asam salisilat belajar wordpress bagi pemula Buku Pegangan farmasetika cara buat avatar cara buat buku tamu hanya dalam hitungan menit cara memasang emoticon diblog Cara memformulasikan sediaan suspensi cara mengatasi sakit haid cara menyembuhkan herpes simplex Cara menyembuhkan Penyakit Hipertensi cara pasang avatar ciri ciri keguguran ciri ciri orang hamil daftar isi bagi pemula wordpress Diagnosa Kanker Dan patofisiologi Kanker Disfungsi Ereksi dosis albendazle dosis aspirin efek samping aminofilin efek samping amoksisilin EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI farmakologi obat herbal di negara china Formulasi Bahan Kosmetika HomePage Kaskus Infeksi saluran kemih ISK Istilah kaskus kala I II III IV Kasih Ibu Sepanjang Masa kebutuhan bayi terhadap gizi yang seimbang Kedisiplinan adalah Kunci dari keberhasilan keluarga berencana Keutamaan Shalat Subuh dan Ashar macam macam penyakit haid Manfaat mengikuti program KB Mekanisme albendazole mekanisme aminofilin mekanisme amoksisilin mekanisme dan dosis asiklovir mekanisme haid mekanisme kerja asetosal Mekanisme Tabir surya Minyak atsiri Motivasi Mario teguh tentang rejeki nyeri datang bulan obat antibiotik untuk sakit gigi obat sakit asma Penanganan gizi buruk pengobatan infeksi cacing pentingnya ber KB pentingnya gizi seimbang untuk bayi penting nya jiwa kepemimpinan Penyakit rematik dan Pengobatannya penyembuhan infeksi aluran kemih perkembangan KB proses persalinan Rahasia Amanah Registrasi Kaskus Rule of the Kaskus script Html bagi pemula Scrolldown yang menarik Sejarah Farmasi Sejarah KasKus seputar informasi KB Sesepuh Kaskus siapakah ahli sunah itu? Staphylococus. Stres Dan Penyebabnya Sukses Wawancara tahapan persalinan pada ibu hamil tanda tanda kehamilan Tips Mudah meningkatkan PR dan banyaknya blacklink toxicology the basic science of poisons Tutorial Wordpress terlengkap

TooLs

Pengunjung Saat Ini Dari

Polling Blog Me